Yuwan Ariestiyan
Life is Good

Untuk memulai sebuah start up memang bukan hal mudah, mulai dari set up tim yang solid, ide kreatif untuk branding, strategi pemasaran dan tentu saja budget yg tidak sedikit untuk membeli tools kebutuhan dalam menjalankan start up tersebut, berikut saya list beberapa tools software dan hardware yang penting yang bisa dipakai dengan budget yang murah bahkan gratis, jika bisa membuat design yang keren dengan tools yang murah kenapa tidak?

OPERATING SYSTEM : MINT LINUX

Alternatif untuk Windows atau Mac os, dengan harga 0 rupiah tentu saj aini sangat membantu, disamping itu ada beberapa keuntungan dengan mamakai Linux sebagai OS :

  1. Stabil
  2. Secure
  3. Tidak ada biaya upgrade
  4. Ribuan software gratis

tapi tentu saja sesuatu yg gratis ada beberapa downside nya seperti :

  1. Hardware support yang terbatas
  2. Masih banyak yang kurang familiar dengan Linux

Kenapa Mint Linux? itu hanya saran saja masih ada beberapa opsi lain nya, tetapi jika kamu terbiasa dengan Windows Mint Linux mungkin pilihan yang tepat.

SOFTWARE PHOTO EDITING : GIMP

Alternatif dari Photoshop, harga 0 rupiah, salah satu hal yang saya sangat suka dari Gimp adalah saya dapat memindahkan dialog boxes di windows yang berbeda jadi saya bisa membuat image yang saya edit full screen dan tinggal pindah ke workspace lainnya ketika saya ingin memilih tools atau layer lainnya.
Selain itu banyak filter Photoshop yang sudah support di Gimp. Saya tidak bilang kl Gimp bisa “menggantikan” Photoshop krena memang masih banyak kelemahan nya seperti banyak orang bilang jika Gimp tidak support CMYK color spaces tapi jika km seorang Web Designer mungkin tidak terlalu menjadi masalah, pada intinya jika kamu handal dalam image editing kamu bisa membuat hasil yang keren dengan Gimp tp tentu saja mungkin dengan effort yang lebih daripade memakai Photoshop.

SOFTWARE VECTOR DRAWING : INKSCAPE

Alternatif dari Adobe Illustrator dan Sketch, harga 0 rupiah, dalam hal fitur Illustrator masih unggul banyak, tetapi terkadang semua fitur itu tidak selalu kita pakai dibandingkan dengan harga yang harus kita bayar.

COLOR MATCHING SOFTWARE : AGAVE

Tools simple ini cukup berguna dalam hal membuat color schemes berdasarkan kriteria yang kamu pilih, alternatif dari Adobe Kuler.

OFFICE SOFTWARE & PDF EDITOR : LIBREOFFICE

Alternatif dari Microsoft Office, harga 0 rupiah, selain design sebuah studio design juga akan membutuhkan software untuk mengolah berbagai dokumen, sperti membuat proposal, surat kontrak dan lainnya, LibreOffice dapat dipakai sebagai alternatif dari Microsoft Office krena dapat membaca dan mengedit dokumen dengan format Microsoft Office.

Selain tools teknis diatas ada beberapa Online Tools yang dapat kita pakai secara gratis atau Freemium yang dapat membantu flow project lebih baik lagi :

TASKING MANAGEMENT TOOLS : ASANA

CHAT, ARCHIVING FILES TOOLS : SLACK

TO-DO LIST TOOLS : ANY DO

Semua opsi diatas mungkin tidak akan selalu cocok dengan semua user dan bisnis, tetapi jika kamu baru memulai sebuah bisnis dan masih mempertimbangkan masalah budgeting opsi diatas akan sangat membantu.

Source : http://threefoldwebdev.com/blog/tools-gratis-untuk-yang-sedang-membangun-start-up-dengan-budget-terbatas/

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published.